Tags

Tips Merawat Disket

1. Kita hanya membeli disket dengan kualitas yang cukup baik, sebab sekarang banyak terdapat disket yang dijual dengan harga murah, tetapi kualitasnya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

2. Apabila disket tidak digunakan simpan di tempatnya, untuk melindungi disket dari kotoran dan debu.



3. Jangan sekali-kali memegang disket atau menyentuh bagian dalam atau dasar piringan magnet.


4. Disket jangan dilipat atau disimpan dalam buku, tetapi disimpan ditempat khusus.


5. Simpan disket ditempat kering dan bersih, dalam posisi tegak bukan menumpuk.


6. Jangan menekan disket dengan benda keras dan tajam, misalnya menulis label yang sudah ditempel pada disket, sebab data akan rusak.


7. Jangan merokok atau makan dam minum dekat disket.


8. Hindari cahaya matahari langsung, sebab disket akan memuai pada temperatur yang tinggi.


9. Jauhkan dari benda yang mengandung magnetis, seperti power supply, monitor, kabel muatan listrik, televisi dan lain-lain.


10. Jangan masukan dan mengeluarkan disket dari atau ke dalam floppy disk drive pada saat indikator floppy disk drive masih menyala.


11. Untuk mengamanan isi disket, seperti program, sebaiknya disket diprotek yaitu dengan menggeser tombol yang berada dikanan bawah disket, agar isinya tidak terhapus.






Tips merawat CD/DVD


1. Jaga ‘Kesehatan’ CD or DVD.
Perawatan CD/DVD yang baik biasanya bisa dibaca pada petunjuk setiap kita membeli keping CD/DVD. Perawatan dasar untuk CD/DVD adalah tidak memegang CD/DVD pada permukaannya, tapi peganglah lubang di tengahnya, tidak mencuci CD/DVD dengan air dan sabun biasa, tidak menulisi label dengan alat tulis berujung runcing, dan selalu menempatkan CD/DVD dalam suhu antara -5 – 55 derajat celcius.


2. Tempat CD/DVD.
Tempat memang diperlu untuk menjaga tetap bersih. Selain itu, tempat CD/VCD juga dapat menghindarkannya dari resiko tergores. Telah diketahui bahwa CD/DVD yang tergores dapat mengurangi kualitasnya. Kalau tergoresnya hanya sedikit mungkin nggak terlalu berpengaruh, tapi kalau goresan tersebut makin banyak dan parah bisa-bisa CD ROM atau player tidak bisa lagi membaca data yang tersimpan di dalamnya.


3. Jauhkan dari Sinar Matahari.
Jauhkan koleksi CD/DVD dari sinar matahari langsung. Kenapa? Karena sinar matahari yang mengenai CD/DVD secara langsung bisa menghilangkan data yang kamu simpan.


4. Bersihkan Secara Berkala
Membersihkan CD/DVD secara berkala sudah menjadi hal wajib. Kalau hanya berdebu, bisa membersihkannya dengan ‘blower’, alat yang biasa digunakan untuk ngebersihin lensa kamera. Kalau tidak punya, bisa membersihkan menggunakan kain lembut, usapkan secara perlahan dari dalam ke arah luar. Jika sempat, beli juga cairan yang biasa dijual umum untuk membersihkan CD/DVD. Tapi yang perlu diingat adalah jangan pernah membersihkan CD/DVD dengan gerakan memutar.


5. CD/DVD Holder
Kalau tempat CD/DVD bisa mengindarkan kemungkinan tergores, rak dapat membantumu dalam penyimpanan CD/DVD. Selain dapat terlihat rapi, CD Holder juga bisa memudahkan mencari CD/DVD yang ingin diputar.






Tips Cara Menjaga/Merawat Flash Disk USB


1. Jangan dijatuhkan atau dipukul-pukul dengan benda keras agar komponen di dalamnya tidak rusak.


2. Hindari suhu panas termasuk terkena sinar matahari langsung serta suhu dingin yang terlalu dingin agar komponen tidak rusak.


3. Jangan dicemplungkan ke dalam air kecuali yakin benar-benar anti air dengan garansi penuh.


4. Hindari medan magnet tinggi seperti speaker, dinamo, dan lain-lain agar media penyimpanan tidak terganggu.


5. Simpanlah flahs disk usb kita di tempat yang benar agar kita tidak lupa menaruhnya akibat ukuran flash disk yang kecil. Simpan di tempat yang bersih dan tertutup dengan baik agar komponen tidak kotor.


6. Selalu buat copy data cadangan atau backup data di komputer atau laptop kita yang dilindungi anti virus atau media lain seperti cd dan dvd agar jika data hilang kita tidak panik dan stress.


7. Setelah kita gunakan di komputer lain lakukan pemindaian atau scan dengan antivirus yang terbaru dan terupdate rutin agar aman dari virus yang ikutan mendompleng usb flash drive bisa diberantas.


8. Jangan langsung mencabut usb flashdisk ketika selesai digunakan agar tidak rusak datanya. Gunakan metode eject atau stop untuk mematikannya terlebih dulu sebelum kita cabut.


9. Normalnya usb flash disk dapat digunakan sebanyak ribuan atau jutaan kali diisi dan dihapus data. Setelah itu flashdisk akan lemah, mati atau rusak. Sebaiknya tidak bekerja atau mengedit pada file yang ada di flash disk. Copy dulu ke hard disk drive lalu edit, dan setelah selesai kopi kembali file yang sudah diedit ke dalam flash disk.


10. Pilih merek produk flashdisk yang garansi dan purna jual bagus kalau perlu ltw singkatan dari life time warranty. Simpan bon pembelian dengan baik untuk klaim penggantian baru atau perbaikan bila rusak.


11. Jangan terlalu sering format flash disk karena dapat rusak dan mengurangi jumlah batasan hapus tulis. Jika melakukan manage flash disk pilihlah cluster terbesar agar kerja flashdisk tidak berat.


12. Jika ada waktu defrag flash disk anda agar struktur data di dalam flash disk bisa diatur agar kinerja flashdisk kita lebih optimal.










Cara Merawat Harddisk:


1. Installlah sebuah antivirus untuk berjaga jaga apabila nantinya ada virus yang menyerang dan merusak data anda. Kalau bisa antivirusnya harus rutin di update.


2. Usahakan untuk selalu melakukan backup data yang penting.


3. Gunakan scandisk untuk mengecek apakah ada batsector didalam harddisk.


4. Selalu lakukan Defragment 2 minggu sekali agar data data didalam harddisk selalu tersusun rapi.


5. Gunakan Software pihak ketiga untuk membersihkan junk file,duplikat file,dan recycle byn. Bisa menggunakan System Cleaner.


6. Jangan terlalu sering mencabut dan memasang kembali harddisk kedalam CPU. Karena Harddisk sangat sensitif jika terkena goncangan, maka data data didalam harddisk terancam hilang.


7. Jangan menyimpan data terlampau banyak. Maksudnya jangan sampai free harddisk sampe tinggal beberapa kylobyte. Tapi berilah ruang sedikit agar harddisk tidak terlalu sesak setidaknya sisakan sekitar 20 MB. Apabila anda menggunakan OS Windows biasanya akan muncul warning jika harddisk kita terlampau penuh.


8. Uninstall program program yang tidak berguna agar tidak memberatkan harddisk.


9. Pakailah UPS atau Stavolt. Gunanya jika kita menggunakan UPS adalah apabila sewaktu kita sedang menggunakan komputer tiba tiba listrik padam, komputer tidak akan langsung mati jadi kita bisa menyimpan dulu data baru dimatikan. Komputer yang tiba tiba mati tanpa di shutdown terlebih dahulu akan membuat harddisk cepat rusak.


10. Ventilasi yang cukup. Jangan meletakkan CPU ditempat yang terlalu sesak atau sempit. Karena bisa membuat udara tidak bisa keluar sehingga menyebabkan harddisk menjadi cepat panas. Jadi sebaiknya pilih CPU yang memiliki banyak kipas dan tempatkan ditempat yang agak luas.






Dari berbagai sumber